ANAK MEMBUAT ANIMASINYA SENDIRI (4)

Brrrrr...dingin !

 

Ayo, kita tingkatkan lagi keterampilan membuat slide yuk !

Perhatikan gambar tampilan PowerPoint 2010 di bawah ini. Lihat tanda panah Heading Tabs, yaitu sederetan menu di bagian atas slide , berurutan dari kiri adalah :   File – Home – Insert – Design – Transitions – Animations – Slide Show – Review – View – Format (keterangan : untuk Format ini baru muncul setelah kita klik sebuah objek gambar atau tulisan pada slide)

 

Tampilan awal PowerPoint 2010

 

Slide ke – 5  berikut ini kita mulai mendisain/menghias slide. Apa itu , ayo mulai dari dasar dulu ya… ! Slide ke-5 ini kita beri judul Dasar 5.

 

Cara membuatnya :

1. Bukalah PowerPoint 2010, klik Home, klik New Slide dan pilih layout Title and Content.

2. Klik Design , carilah Theme yaitu tema latar belakang (background) slide. Ada 40 macam tema disajikan di PowerPoint 2010,  coba klik segi tiga hitam kecil di sebelah kanan kotak Theme untuk melihat seluruh tema yang tersedia.  Pada contoh slide-5 di atas , dipilih tema Spring. Kalian boleh mencoba klik tema background yang lain.

3. Klik pada kotak Title, kemudian klik Home , selanjutnya klik Font untuk memilih huruf Kristen ITC dan Font Size : 20. Selesai mengatur huruf dan ukuran huruf , ketikkan kalimat  :

~ Klik pada :

4. Berikutnya atur Font Size : 96 , klik Enter, dan ketikkan di bawah kalimat di atas :

~ Design

5. Sekarang klik pada kotak Content. Kita lakukan pengaturan huruf  , klik Font , pilih Stencil dan ukurannya (Font Size) : 28.

6. Masih pada kotak Content, pengaturan berikutnya adalah membuat bullet. Klik Home lalu klik Bullets dan pilih model Custom.

7. Kini ketik dalam kotak Content kalimat di bawah ini :

~ Design merupakan salah satu menu dalam Heading Tabs.

8. Selesai mengetik pointer masih di kotak Content , lalu klik pada Format , dilanjutkan klik Shape Outline dan pilihlah warna merah , klik pada Red.

9. Klik Shape Outline kembali, pilih Weight , kemudian pilih  tebal garis 4,5 pt.

10. Klik Shape Outline untuk mengatur model garis, pilih Dashes , kemudian klik pada Square Dot.

11. Sekarang kita atur besar-kecilnya kotak Content tersebut. Perhatikan terdapat 8 buah handle (kotak kecil warna putih) di seputar kotak Content. Geser  atau drag handel tersebut (=yaitu dobel klik dan jangan dilepas kliknya lalu digeser)  sampai ukuran mengecil dan sesuaikan dengan contoh slide-5 di atas, bisa kalian lakukan petunjuk ini ?

12. Setelah ukuran kotak Content tepat, selanjutnya kita miringkan kotak tersebut sehingga nampak seperti pada contoh. Cara melakukan adalah , mencari handle yang berbentuk bulat warna hijau, letaknya di atas kotak content. Drag handle tersebut geser ke kiri sedikit hingga kotak miring. Mudah mengikuti petunjuk ini ? Semoga kalian bisa mengikuti semua petunjuk .

Nah, seluruh pekerjaan slide Dasar 5 telah selesai, jangan lupa klik Save dan simpan file ini dengan nama Dasar 5.

~~~~~~~~~~***~~~~~~~~~~

 

Slide ke-6, kita mulai masuk pada menu Animations. Slide ke-6 berjudul : Dasar 6.

 

Slide-6 di atas sudah mulai memasukkan sebuah animasi, maksudnya kita akan membuat sebuah tulisan Variasi Background bisa bergerak. Untuk melihat gerakan atau animasinya kalian harus klik tanda segi tiga yang bergerak di sebelah kanan slide tersebut , kemudian kode URL yang ada dalam kotak URL di-copy ke tab baru. Nah setelah terbuka URL slide-nya , selanjutnya slide tersebut kalian download. Ada menu download di atas slide yang bisa langsung diklik. Setelah itu akan muncul pop up menu yang menyodorkan pilihan Save . Nah hasil klik save tersebut  adalah slide  PowerPoint 2010 yang bisa di klik tombol play-nya untuk melihat gerakan animasinya.  Baiklah, nanti akan diajarkan bagaimana cara klik play-nya. Sekarang kita mulai cara membuat slide ke-6 ini :

1. Setelah slide baru tersedia dalam PowerPoint 2010 di komputer kalian,  klik Design , kemudia klik segi tiga hitam kecil di sebelah kanan kotak Theme, agar terbuka semua model tema yang berjumlah 40 seperti cara pada slide-5 sebelumnya. Pilihlah pada tema Autumn.

2. Masih di Design, carilah Background Styles. Klik pada Background Styles , lalu klik Format Background… ; lihatlah di bawah kolom Fill terdapat pilihan menu , nah kliklah pada Picture or texture fill. Kemudian di bawahnya terdapat kalimat Insert from File… . Klik kotak yang bertuliskan File dan pilihlah sebuah gambar yang lucu dari gallery di komputer kalian. Setelah memilih satu gambar , barulah klik Insert pada pop-up menu Insert Picture di layar kalian.

3. Berikutnya adalah memasukkan sebuah WordArt, caranya klik Insert , lalu klik tombol WordArt. Kemudian klik  salah satu model WordArt, kemudian akan muncul pop-up menu untuk menuliskan kalimat yang kita inginkan. Ketikkan :

~ Variasi Background

4. Langkah no.4 ini boleh dilakukan jika memang ingin WordArt-nya lebih bagus.  Begini caranya : klik tulisan di atas (tulisan Variasi Background), lalu klik Format-Drawing Tools. Selanjutnya klik Text Outline untuk memberi garis tepi garis , dan pilihlah warna hitam untuk Text Outline. Selanjutnya klik Text Fill untuk memberi warna hurufnya, dan pilihlah warna kuning untuk Text Fill-nya.

5. Ini langkah yang paling asyik. Saatnya kita belajar memberi animasi ! Caranya : klik tulisan Variasi Background ,  kemudian klik Animations.

~ Perhatikan deretan tombol yang muncul, jika kita klik segi tiga kecil hitam di kotak Animation, maka akan terlihat kelompok animasi dengan lambang bintang ada yang hijau , kuning dan merah. Kelompok hijau untuk animasi objek masuk ke dalam slide, kuning animasi di dalam slide dan hijau untuk animasi objek keluar dari slide. Coba carilah tombol Fly In di kelompok bintang hijau, lalu klik pada Fly In.

~ Cari  Duration yaitu kotak untuk mengatur lamanya waktu gerakan. Ada dua segi tiga kecil hitam ke atas dan ke bawah.  Coba klik segi tiga atas untuk mengatur waktu duration 02,00.

~ Sekarang klik tombol Preview , lalu klik Preview (segi tiga hijau) untuk melihat animasi gerakan yang telah kita atur sebelumnya. Nah… , inilah animasi pertamamu. Selamat menikmati.

6. Membuat animasi yang ke-2  caranya : klik tombol Add Animation, kemudian klik Swivel. Sekarang carilah Delay, dan klik segi tiga kecil yang atas untuk mengatur waktu delay (yaitu waktu antara setelah animasi pertama selesai) , aturlah sampai angka 01,00 serta waktu durasi (duration) aturlah sampai angka 02,00. Sekali lagi klik Preview untuk melihat hasil dua animasi gerakan yang berurutan yang telah kalian kerjakan. Hmm… menarik bukan ?

Nah selesailah slide Dasar 6 , jangan lupa klik Save dan menyimpan file-nya dengan nama Dasar 6.

~~~~~~~~~~***~~~~~~~~~~

 

Slide ke-7 berjudul Dasar 7. Apa menariknya slide ini ? Kalian di sini akan meliha 4 gerakan atau 4 animasi. Empat animasi itu tercatat dalam sebuah kolom yang dinamakan Animation Pane. Bagaimana caranya ? Kalian akan tahu setelah mengikuti cara di bawah ini. Ayooo !

 

Cara membuatnya :

1. Memulai slide selalu dengan klik Home , lalu klik layout dan pilihlah Blank.

2. Buatlah background-nya lebih dulu , coba klik pada Design. Klik pada segi tiga kecil di sebelah kanan kotak Theme untuk melihat 40 model tema, lalu pilih pada Trek.

3. Setelah slide dan background-nya siap, berilah tulisan “Berlatih Animasi” di bagian atas slide dengan menggunakan klik Insert , dan klik WordArt. Klik salah satu tipe huruf WordArt, sehingga muncul kotak tempat menulis di dalam slide. Ketiklah “Berlatih Animasi” dalam kotak tersebut.

4. Selesai mengetik tanpa memindahkan kursor, berilah animasi dengan cara klik Animations, lalu klik animasi kode hijau yaitu Fade. Pengaturannya yaitu : pada kotak Duration atur sampai angka 02,00 dan kotak Start diatur On Click.

5. Masukkan gambar dari gallery di komputer kalian melalui klik Insert dan kemudian klik Picture. Tempatkan gambar itu di bawah tulisan “Berlatih Animasi”.

6. Untuk memberi animasi pada gambar, biarkan handle (handle = 8 bulatan putih mengelilingi gambar)  muncul di gambar tersebut, lalu klik Animations. Klik animasi kode hijau yaitu Wipe. Pengaturan animasinya : pada kotak Duration atur angkanya (klik segi tiga atas) sampai 05,00 , kemudian  kotak Start diatur After Previous dan klik tombol Efek Options untuk memilih efek From Bottom. Bisa kalian ikuti petunjuk ini ?

7. Carilah tombol Animation Pane lalu kliklah sehingga muncul sebuah kolom di kanan slide. Nah, di dalam kolom ini tercatat animasi yang telah kalian buat. Di sana akan tercatat dua animasi dengan simbol bintang hijau. Betul begitu ? Di atas kolom itu terdapat tombol Play untuk melihat hasil animasi keseluruhan.

Di bawah ini adalah contoh gambar Animation Pane dalam PowerPoint 2010; juga terlihat tombol-tombol yang sering kita gunakan yaitu tombol Start , Duration, dan Delay.

"Animation Pane" pada PowerPoint 2010

 

8. Animasi ketiga , arahkan pointer mouse pada tulisan “Berlatih Animasi” dan klik di sana. Kemudian klik Animations, lihat menu animasi kode bintang merah dan klik pada Fly Out. Pengaturan animasinya adalah : Duration= 05,00 , Start= After Previous dan Efek Option = To Bottom.

9. Animasi keempat, arahkan pointer mouse pada gambar dan klik pada gambar. Klik Animations , lalu klik segi tiga kecil di sebelah kanan kotak Animasi, carilah pada kode bintang merah dan klik pada Crawl Out. Pengaturan animasinya adalah :  Start= After Previous, Duration= 05,00 dan Efek Options = To Bottom. Cek daftar animasi dalam Animation Pane , kini terdapat empat animasi , bukan ? Nah sekarang klik Play untuk melihat keseluruhan animasi.

Sampai jumpa di blog berikutnya untuk membuat animasi yang lebih beragam , ini tempat kliknya :

Anak Membuat Animasinya Sendiri (5)

Anak yang kreatif pasti bisa menciptakan animasinya sendiri… , jangan hanya terpaku pada petunjuk di sini saja ya…. , tombol-tombol yang ada dicoba diklik satu per satu, dan masukkan gambarmu sendiri… aaahhhh asiiiiiiik….  ! Tapi kalau belum bisa lancar… coba ulang lagi dari slide yang lebih mudah… begitu tahapan belajarnya, tidak berhenti begitu saja. Kalau jenuh…. aaaaahhh…. tentu saja kalian harus bermain-main dulu dengan temanmu , lalu buka lagi blog belajar animasinya di sini…. sampai jumpa ya !!!!

 

Kura yang lambat jalannya, namun cerdik.

~~~~~~~~~~***~~~~~~~~~~


Posted on March 18, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: